1 2 3 >  Last ›
Profil Expert

Dr. Ulfana Said Umar, MARS
  • Bergabung dengan Indonesian Cancer Foundation (ICF) sejak Mei 1999
  • (2000) Koordinator Guru Pelatih & Kepala Masyarakat Berbasis Pengendalian Program Kanker ICF Jakarta
  • (2001) Direktur Program Sosial ICF Jakarta
  • (2007) Kepala Departemen Layanan Sosial ICF Jakarta
  • (2011 sampai sekarang) Wakil Sekretaris Presiden ICF Pusat
  • (2012 sampai sekarang) Koordinator Kemoterapi Gratis dan Bantuan Pengobatan untuk Pasien Kanker

Pertanyaan seputar kesehatan & kanker kirim ke saniaroyale@gmail.com

Question & Answer


Tanya:

Dok, apakah tumor bisa kembali bahkan setelah dilakukan operasi? Jenis tumor seperti apa itu dan apakah bisa berpotensi menjadi kanker dan sering menyerang organ tubuh bagian mana dok? Terima kasih dok :)
(Umairoh fadhillah/20 tahun/bukittinggi)

 

Jawab:

Tumor dapat tumbuh lagi sesudah dioperasi walaupun tumornya jinak. Contohnya adalah tumor jinak payudara. Tumor jinak tidak akan berkembang menjadi tumor ganas. Tetapi tumor ganas yang terlanjur dioperasi karen dianggap sebagai tumor jinak dapat memperburuk prognosis.


Tanya:

Dok saya mau bertanya, apakah jika memasak selalu menggunakan MSG akan terjadi dampak sering pusing kepala? Ibu saya jika memasak selalu menggunakan MSG, kalau tidak pakai kurang sip katanya, padahal saya sering memperingatkannya, dan dalam jumlah yang cukup banyak memakai MSG setiap hari jika memasak, seluruh anggota keluarga kami sering sekali mengalami sakit kepala dan kami semua ketergantungan pada obat-obatan sakit kepala. Setelah saya menikah dan punya anak saya menerapkan pola hidup sehat dan tidak pernah memasak menggunakan MSG, jika saya makan diluar dan terasa menggunakan MSG pasti kepala saya langsung terasa pusing.apakah memang MSG pemicunya dok? Dan benarkah MSG merupakan pemicu terbesar terjadinya penyakit kanker? Terima kasih untuk jawabannya :)
(Rumaisha Masru)

 

Jawab:

MSG atau Mono Sodium Glutamat tidak disarankan untuk pemakaian jangka panjang, terus menerus ataupun dalam jumlah besar. Pemakaiannyapun sebaiknya dihindari. Lebih baik memakai penyedap rasa langsung dengan daging ayam atau sapi segar yang direbus dan diambil kaldunya. Untuk memastikan sakit kepala yang dialami, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam.


Tanya:

Dok, apakah mengkonsumsi makanan organik dan raw food bisa menghindarkan dari penyakit kanker?
(Nurul Hidayah)

 

Jawab:

Yang paling baik untuk menurunkan resiko kanker usus besar adalah banyak mengkonsumsi makanan organik yang berserat. Raw food yang direkomendasikan adalah dari sayuran dan buah, bukan dari binatang (daging sapi, seafood, dll).


1 2 3 >  Last ›
comments powered by Disqus